Selasa, 23 Juni 2009

SERAH TERIMA PUSAT LISTRIK TENAGA SURYA DI WATUGAJAH


"Di wilayah Kecamatan Gedangsari masih ada sebagian tempat yang belum terjangkau aliran listrik seperti di desa Mertelu, Hargomulyo, dan Watugajah. Hal ini dikarenakan letak daerahnya yang berbukit-bukit dan juga disebabkan karena pemukiman penduduk yang salih berjauhan sehingga belum semuanya terjangkau oleh jaringan listrik. Sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan penerangan rumah memakai lampu dengan menggunakan minyak tanah. Tetapi dengan langkanya minyak tanah, maka menjadi problem tersendiri bagi masyarakat pedesaan". Demikian sambutan yang disampaikan Camat Gedangsari Sujoko, S.Sos., M.Si. pada acara serah terima Pusat Listrik Tenaga Surya di Banyunibo Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul Senin 22 Juni 2009. Pusat Listrik Tenaga Surya di Desa Watugajah merupakan komitmen pemerintah daerah dalam hal percepatan infrastruktur daerah tertinggal dengan harapan dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Pusat Listrik Tenaga Surya di Desa Watugajah ini dibangun dengan menghabiskan dana sekitar 2.8 milyar rupiah, dengan bangunan PLTS terpusat di satu tempat dan 105 lainnya tersebar di Padukuhan Watugajah dan Tamansari yang digunakan untuk penerangan rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum seperti masjid atau tempat pertemuan masyarakat.

S
elain Camat Gedangsari memberikan sambutan pula Bupati Gunungkidul Suharto SH. Dalam
sambutannya bupati mengatakan bahwa pembangunan Pusat Listrik Tenaga Surya ini diharapkan dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Watugajah yang belum terjangkau aliran listrik dari PLN. Selain itu Bupati Gunungkidul mengatakan bahwa untuk percepatan pembangun di desa perlu memperhatikan aspek teknologi, penuh perhitungan dan tetapi tidak meninggalkan budaya mandiri, disiplin, jujur, serta keterbukaan. Harapan lain adalah dengan dibangunnya PLTS ini masyarakat disamping bisa menggunakan juga bisa merawat fasilitas yang ada, agar fasilitas ini dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Selesai memberikan sambutan Bupati Gunungkidul secara simbolis menyerahkan berita acara serah terima Pusat Listrik Tenaga Surya kepada Organisasi Masyarakat Setempat yang diwakili oleh Sukidi dan Sukarman. Dalam kesempatan ini Bupati juga mengadakan ramah tamah dengan masyarakat setempat demi kemajuan wilayah Gunungkidul umumnya dan masyarakat desa Watugajah pada khususnya dengan penuh rasa keakraban dan keramah tamahan.

Pada akhir acara Kepala Desa Watugajah Subirman mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas batuan dan fasilitas yang diberikan kepada masyarakat Desa Watugajah selama ini. Semoga dengan bantuan ini masyarakat Watugajah tidak ketinggalan dengan daerah lainnya dan menjadikan masyarakat yang semakin produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar