Rabu, 03 Juni 2009

25.000 Bibit Albaziah untuk Desa Watugajah


21/03/2009 08:17:43 GEDANGSARI (KR) – Small and Medium Enterprises Development Centre (SMEDC) UGM Tbk bekerja sama dengan PT Danareksa menyerahkan bantuan 25.000 bibit pohon albaziah atau sengon laut ke Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, Rabu (18/3). Bantuan secara simbolis yang ditandai dengan penandatanganan serah terima ini sebagai wujud program bina lingkungan.

Penandatanganan bantuan dilakukan Direktur PT Danareksa Drs Wahzari Wardana, Kepala SMEDC UGM Ir Gatot Murdjito MS, Bupati Gunungkidul Suharto SH, Kepala SD Watugajah dan Kepala TK ABA Dusun Jelok di SD Watugajah, Gedangsari, Gunungkidul. Kepada wartawan Gatot Murdjito mengatakan kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan program sinergi pemberdayaan potensi masyarakat.
Di antaranya melalui pembudidayaan albaziah guna memenuhi kebutuhan kayu. Juga untuk mencegah penggundulan, mengurangi erosi dan longsornya lahan di Watugajah, tutur Gatot Murdjito sambil menambahkan, 25.000 bibit albaziah tersebut akan ditanam di 5 dusun di Desa Watugajah yaitu di Plasan, Jelok, Gunungcilik, Tamansari dan Watugajah.
Setiap dusun mendapatkan 5.000 bibit yang dibagikan ke sejumlah RT, diteruskan kepada warga masyarakat di 5 dudun. Untuk kesepakatan hasil 4-5 tahun 70 persen untuk warga penanam, 10 persen (RT), 5 persen (RW), 5 persen (dusun) dan 10 persen (UGM). Dipilihnya albaziah karena jenis pohon ini dalam jangka waktu yang pendek bisa menghasilkan kayu dengan prospek harga yang bagus.
Sementara Bupati Gunungkidul Suharto SH mengatakan, Desa Watugajah merupakan daerah yang memiliki karakteristik alam yang berbeda dengan daerah lainnya di Kabupaten Gunungkidul. Watugajah memiliki lapisan tanah yang dalam sehingga bisa ditanami pohon albaziah. Sementara di daerah lain lapisan tanahnya tidak begitu dalam sehingga sulit untuk ditanami pohon albaziah.
Kegiatan atau gerakan menanam semacam ini diharapkan bisa ikut membantu dalam pembangunan pondasi pertanian yang kuat di Gunungkidul, ujar Suharto.
Direktur PT Danareksa Drs Wahzary Wardaya menuturkan penanaman pohon albaziah ini disamping untuk mencegah erosi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.
Selain diserahkan bantuan bibit pohon, juga sarana pendidikan ke SD Watugajah berupa 1 paket alat peraga matematika, 2 buah meja kursi guru, 2 buah komputer dan buku untuk koleksi perpustakaan.
Untuk TK ABA Dusun Jelok diserahkan bantuan berupa 1 buah meja kursi guru, 10 buah meja murid, 4 buah alat permainan dan 1 buah papan tulis white board sebagai bentuk dukungan terhadap program pendidikan anak usia dini. Penyerahan dihadiri Ketua Senat Akademik (SA) UGM Prof Dr dr Sutaryo, kelompok tani, perajin perak, pedagang buah dan kelompok pedagang hasil pertanian. (Asp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar