Rabu, 03 Juni 2009

PANEN SRIKAYA

GEDANGSARI PANEN SRIKAYA ; Bukti Keberhasilan Diversifikasi Lahan Kritis

Petani lahan kering di Kecamatan Gedangsari, berhasil membuktikan keberhasilan diversifikasi lahan kritis menjadi kawasan subur yang menjanjikan dengan menggalakkan budidaya tanaman buah srikaya. Hasil budidaya tersebut mulai memasuki panen raya, dan secara simbolis Bupati Gunungkidul Suharto SH diberi kesempatan untuk memetik srikaya di lereng bukit Dusun Jelok Desa Watugajah, Senin (16/2).

Dilaporkan Ketua Kelompok Tani (Klomtan) Sidomulyo Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari, Yanto Suparno, kawasan lahan pertanian yang sebagian besar berada di lereng perbukitan dalam beberapa tahun lalu kurang menjanjikan. Khususnya untuk lahan budidaya tanaman pangan. Keberhasilan masyarakat memanen srikaya ini sekaligus menjadi tanaman perintis dan mampu mengubah lahan kritis menjadi kawasan subur.

”Sejak tanaman srikaya berkembang, lahan pertanian semakin subur dan mampu mencegah terjadinya erosi tanah dan menyebabkan lahan pertanian dapat ditanami maksimal,” katanya.
Karena dengan lahan pertanian yang berbukit dan sebagian hanya batu, untuk ditanami padi dan palawija, semula tidak cocok. Meskipun tingkat kesuburan lahan sangat terbatas, tetapi dengan tanaman srikaya varietas Sinyonya hasilnya justru melimpah. Sebagaimana lahan milik kelompok tani ini seluas 165 hektar, yang ditanami srikaya ada 87 hektar dengan jumlah tanaman mencapai 68.724 batang. Dari jumlah tanaman ini sekitar 51.000 batang sudah berbuah dan bisa dipanen.
Meskipun buah srikaya masa panen hanya setahun sekali, tetapi setiap batang diakui bisa menghasilkan 2 kg hingga 3 kg buah, sedang harga jual mencapai Rp 7.000/ kg. Berdasarkan perhitungan sementara, pada masa panen tahun ini diperkirakan mencapai 154 ton.

”Untuk pemasarannya tidak sebatas Gunungkidul, tetapi juga wilayah Klaten, Prambanan maupun Solo,” imbuhnya.
Bupati Gunungkidul yang melakukan panen perdana dengan memetik buah srikaya didampingi Camat Gedangsari Drs Sudjoko MSi dan pejabat pemkab lain, menyambut gembira kreativitas warga Gedangsari dalam mengolah lahan kritis. (Bmp-Kedaulatan Rakyat)
http://www.gunungkidulkab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar