Kamis, 28 Mei 2015

Profil Padukuhan Plasan


Padukuhan keempat dari wilayah Desa Watugajah yaitu padukuhan Plasan. Padukuhan Plasan memiliki luas wilayah 167300 m2 terdiri dari wilayah dataran yang meliputi kampung Klampok, Plasan  dan wilayah pegunungan yaitu kampung Wungurejo, dan sumberejo. Padukuhan Plasan memiliki 1 RW dan 6 RT dengan jumlah penduduk 830 jiwa terdiri dari perempuan 421 orang dan laki-laki 409 orang dengan jumlah Kepala Keluarga 192 terdiri dari Kepala Keluarga Laki-laki 162 dan Kepala Keluarga Perempuan 30. Dibanding padukuhan lainnya padukuhan ini memiliki penduduk paling sedikit. Bangunan yang ada di wilayah ini yaitu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas Gedangsari 2) dan kios milik desa yang digunakan sebagai tempat usaha masyarakat.
Peduduk padukuhan ini bekerja sebagai pedagang, dan petani disamping itu juga bekerja pada bidang lainnya seperti tukang kayu, tukang batu, buruh, peternak,  pekerja swasta, dan sebagian juga bekerja di luar daerah. 
Tanaman yang tumbuh di wilayah ini  yaitu akasia, mahoni, sengon, kelapa,  bambu, pohon mangga, srikaya, pisang, nangka, jambu dan sebagainya. Transportasi yang biasa digunakan masyarakat yaitu sepeda, sepeda motor, kendaraan roda empat. Akses jalan di daerah ini sebagian besar sudah bisa dilalui kendaraan roda dua atau roda empat karena sebagian besar jalan sudah cor blok. Alat komunikasi dan informasi sehari-hari sebagian besar  masyarakt sudah memiliki televisi, radio, handphone atau alat komunikasi tradisional kentongan serta sebagian besar penduduk sudah menggunakan penerangan listrik.
Sebagian besar penduduk bergama Islam, dan kerukunan beragama di padukuhan ini terbina dengan baik. Dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, kegotong royongan, dan kerukunan di padukuhan ini masih terbina dengan baik. Para penduduk di padukuhan ini juga masih menjaga tradisi dan budaya yang ada dengan baik seperti peringatan hari keagamaan, upacara adat kelahiran, pernikahan, kematian, hari besar kenegaraan dan sebagainya. Ada beberapa komunitas yang tumbuh di padukuhan ini yaitu : Arisan, pengajian, pertemuan kelompok tani, peternak, pemuda-pemudi, ibu-ibu, bapak-bapak, posyandu balita.
Sebagian wilayah pegunungan termasuk rawan bencana karena sering terjadi tanah longsor terutama pada musim penghujan. Namun demikian wilayah ini memiliki potensi sebagai tempat pariwisata berupa tempat pemandangan di atas bukit Bekiting, Sumberjo atau Clongop. Pemandangan di atas ketiga bukit tersebut sangat indah, baik di pagi hari atau sore hari. Tak sedikit pada hari biasa atau lebih-lebih pada hari libur banyak orang yang menyempatkan diri ke bukit Bekiting atau Clongop. Disamping panoramanya indah wilayah ini juga dilalui jalan raya yang menghubungkan kecamatan Gedangsari dengan wilayah Klaten sehingga mudah dijangkau siapapun yang ingin berkunjung. Di atas bukit Bekiting kita bisa melihat panorama yang indah yaitu pemandangan lembah ngarai yang luas dengan tanaman tebunya atau kita juga bisa melihat pemandangan gunung Merapi dari kejauhan dikala pagi hari atau sore hari. Meskipun jalannya menanjak wilayah ini juga sering dikunjungi komunitas sepeda gunung dan sepeda motor. Di kala sore hari anginnyapun sangat sejuk dan pemandangannyapun sangat indah untuk diabadikan dari atas bukit. Kebanyakan pengunjung di wilayah ini adalah muda-mudi dari wilayah Klaten, Solo atu Yogyakarta yang ingin menikmati pemandangan alam atau memadu kasih. Bagi orang dari luar wilayah sering menyebut bukit Bekiting dengan Bukit Cinta, mungkin karena pengunjungnya adalah mudah mudi yang sedang memadu cinta.
Potensi wisata lainnya adalah di wilayah ini bisa digunakan untuk ajang lomba seperti lomba layang-layang atau lomba Photografi.

Berikut ini adalah data sekilas padukuhan Plasan :
1.    Batas Wilayah :
Sebelah Timur
: Padukuhan Watugajah Desa Watugajah
Sebelah Barat
: Padukuhan Tamansari Desa Watugajah
Sebelah Utara
: Desa Karangturi, Gantiwarno, Klaten
Sebelah Selatan
: Desa Hargomulyo Kecamatan Gedangsari


2.    Dukuh, RW dan RT
Dukuh dari waktu ke waktu
NO
NAMA
KETERANGAN
1
MANGUNWIKORO
-
2
KASDU WARSO SUTRISNO
-
3
SUTOPO
2002-2006
4
JATU EKA DEWI
2008 – sekarang


Ketua Rukun Warga  (RW)
NO
NAMA
ALAMAT
04
HADI SUYATNO
KLAMPOK

Ketua Rukun Tetangga (RT)
RT
NAMA
ALAMAT
01
SUHARJO
PLASAN
02
REWANG
PLASAN
03
MANTO DIHARJO
KLAMPOK
04
SUWANDI
MERENGLOR
05
SUYANTO
SUMBEREJO
06
SUYADI
WUNGUREJO

3.    Komunitas / Arisan
NO
NAMA
WAKTU KEGIATAN
TEMPAT
1
ARISAN IBU-IBU
MALEM MINGGU
RT 04
2
ARISAN MUDA-MUDI
TIAP 3 BULAN SEKALI
RT 04
3
ARISAN BAPAK-BAPAK
MALEM MINGGU PAHING
RT 04
4
ARISAN IBU-IBU
 KAMIS PON
RT 05
5
ARISAN BAPAK-BAPAK
MALEM MINGGU PON
RT 05
6
ARISAN REMAJA
MALEM MINGGU PAHING
RT 05
7
KEL. TANI WANITA
SELASA PON
RT 05

Pos Yandu Balita
NO
NAMA
WAKTU KEGIATAN
TEMPAT
1
Posyandu Tali Jiwa
Tiap tanggal 24
Puskesmas
2
Posyandu Plasan 2
Tiap tanggal 25
Bp. Hadi Suparno (RT 05)


4.    Tempat Ibadah
NO
JENIS TEMPAT IBADAH
JUMLAH
1
MASJID
2
2
MUSHOLA
4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar