Selasa, 05 Mei 2015

Profil Padukuhan Gunungcilik


Padukuhan Gunungcilik merupakan bagian wilayah dari Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Padukuhan ini memiliki luas wilayah 117930 m2 terdiri dari pedataran yang meliputi dusun  Gunungcilik, Pandung, Gunungdukun, Setren dan sumbersari Memiliki 1 RW dan 9 RT dengan jumlah penduduk 1171 jiwa terdiri dari perempuan 588 orang dan laki-laki 583 orang dengan jumlah Kepala Keluarga 276 terdiri dari Kepala Keluarga Laki-laki 225 dan Kepala Keluarga Perempuan 51. Padukuhan ini sudah memiliki balai dusun yang terletak di pinggir jalan raya perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Klaten. Di balai dusun inilah masyarakat menggunakan untuk kegiatan seperti rapat, arisan, posyandu, penyuluhan dan sebagainya.
Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pedagang, dan petani disamping itu juga bekerja pada bidang lainnya seperti tukang kayu, tukang batu, buruh, peternak, pengusaha mebel,  pekerja swasta, pegawai kesehatan swasta dan PNS. Tanah pertanian kebanyakan ditanami tebu, yang masa panennya satu tahun sekali dijual di pabrik gula Gondangbaru wilayah Klaten.
Disamping pekerjaan utama sebagai petani masyarakat di daerah ini juga menanami kebun atau ladangnya dengan tanaman kayu jati, akasia, mahoni, sengon, kelapa,  bambu, pohon mangga, srikaya, pisang, nangka, jambu dan sebagainya. Untuk menghubungkan antara tempat satu dengan tempat lainnya biasanya dilakukan dengan berjalan kaki, naik sepeda, sepeda motor, atau kendaraan roda empat, truk untuk mengangkut hasil bumi. Akses jalan di daerah ini sebagian besar sudah bisa dilalui kendaraan karena sudah cor blok. Alat komunikasi dan informasi sehari-hari sebagian besar  masyarakt sudah memiliki televisi, radio, handphone atau alat komunikasi tradisional kentongan serta sebagian besar penduduk sudah menggunakan penerangan listrik.
Penduduk padukuhan Gunungcilik sebagian besar bergama Islam, dan kerukunan beragama di padukuhan ini terbina dengan baik. Dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, kegotong royongan, dan kerukunan di padukuhan ini masih terbina dengan baik. Para penduduk di padukuhan ini juga masih menjaga tradisi dan budaya yang ada dengan baik seperti peringatan hari keagamaan, upacara adat kelahiran, pernikahan, kematian, hari besar kenegaraan dan sebagainya. Ada beberapa komunitas yang tumbuh di padukuhan ini yaitu : Arisan, pengajian, pertemuan kelompok tani, peternak, pemuda-pemudi, ibu-ibu, bapak-bapak, posyandu balita.
Di Padukuhan ini juga memiliki potensi sebagai tempat wisata berupa tempat pemandangan di atas bukit Jambon berupa panorama pemandangan kebun tebu di wilayah Klaten dan Rowojombor atau Gunung Bayat. Memiliki tempat petilasan berupa makam di atas bukit Gunungcilik, dan gunung inilah sebagai cikal bakal nama padukuhan Gunungcilik. Gunung ini terletak di bagian sebelah timur padukuan Gunungcilik bentuknya kecil dan tidak terlalu tinggi. Pada musim penghujan tumbuh-tumbuhannya lebat tetapi jika musim kemarau agak gersang. Kondisi makam yang ada di atas gunung kini sudah tidak terawat lagi dan hampir tidak pernah dikunjungi lagi.

Berikut ini adalah data sekilas padukuhan Gunungcilik :
1.    Batas Wilayah :
Sebelah Timur
: Padukuhan Jelok Desa Watugajah
Sebelah Barat
: Padukuhan Watugajah Desa Watugajah
Sebelah Utara
: Desa Gentan, Gantiwarno, Klaten
Sebelah Selatan
: Padukuhan Watugajah Desa Watugajah

2.    Dukuh, RW dan RT
Dukuh dari waktu ke waktu
NO
NAMA
KETERANGAN
1
WIRONGADOYO
 Almarhum
2
SLAMET PARTOTINOYO
 Almarhum
3
SUMARNO
Pejabat sekarang

Ketua Rukun Warga (RW)
NO
NAMA
ALAMAT
02
WARSOSUWITO
SETREN

Ketua Rukun Tetangga (RT)
RT
NAMA
ALAMAT
01
WIJIYANTO
GUNUNGCILIK
02
HARJOSUWITO
GUNUNGCILIK
03
NGATIMIN
GUNUNGCILIK
04
SRI TUGINIATUN
PANDUNG
05
PAIMIN
PANDUNG
06
SUWITA
SETREN
07
SURONO
SETREN
08
SASTRO PRAYITNO
SUMBERSARI
09
WIYONO
SUMBERSARI

3.    Komunitas dan Kebudayaan
NO
NAMA
WAKTU KEGIATAN
TEMPAT
1
ARISAN IBU-IBU
TIAP MINGGU
SETREN
2
PENGAJIAN AHAD PAGI
TIAP MINGGU PAGI
GUNUNGCILIK
3
ARISAN BAPAK-BAPAK
Malem Minggu Legi
GUNUNGCILIK
4
SENI KERAWITAN NGESTI IRAMA

GUNUNGCILIK
5
SENI KETOPRAK NGESTI BUDAYA

GUNUNGCILIK

Pos Yandu Balita
NO
NAMA
WAKTU KEGIATAN
TEMPAT
1
POS YANDU 1
Tiap tanggal 21
SUMBERSARI
2
POS YANDU 2
Tiap tanggal 20
SETREN
3
POS YANDU 3
Tiap tanggal 19
GUNUNGCILIK

4.    Tempat Ibadah
NO
JENIS TEMPAT IBADAH
JUMLAH
1
MASJID
4
2
MUSHOLA
2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar