Kamis, 31 Desember 2009

Jembatan Besi Gedangsari


Selama ini jika kita akan menuju ibu kota kecamatan Gedangsari dari arah Sambitpiu kita harus melewati jembatan dan tanjakan Besi yang terkenal sempit, tajam, curam. sehingga rawan terhadap kecelakaan. Namun dengan selesainya pembangunan Jembatan Besi kesulitan ini sudah tidak kita alami lagi, karena sudah dibangun jembatan layang sepanjang 87 meter dengan lebar 15 meter. Adanya jembatan layang, maka akses transportasi dari ibu kota kecamatan Gedangsari ke Ngalang dan Sambipitu sudah lancar. Utamanya kendaraan roda empat dari arah Sambipitu-Ngalang ke Gedangsari sudah tidak mengalami hambatan lagi. Dulu sebelum dibangun jembatan ini kendaraan pengangkut bahan material menuju ibu kota kecamatan Gedangsari harus melangsir muatannya sehingga harus diangkut dua atau tiga kali untuk sampai tujuan. Demikian pula kendaraan roda empat yang mengangkut orang untuk melewati tanjakan besi penumpangnya harus diturunkan terlebih dahulu kemudian baru naik lagi setelah berjalan menaiki tanjakan. Namun hal itu sekarang sudah tidak dialami lagi karena jembatan Besi sudah dapat difungsikan untuk arus transportasi baik roda dua atau kendaraan roda empat bahkan kendaraan truk pengangkut.

Keberadaan jembatan ini selain memperlancar arus transportasi juga merupakan daya tarik tersendiri. Pada hari-hari libur banyak wisatawan lokal yang berdatangan. Lebih-lebih bagi pemudik yang sedang pulang ke kampung halaman jika melewati jembatan ini akan berhenti sebentar untuk menikmati pemandangan panorama alam yang begitu indah. Karena dari atas jembatan ini kita bisa memandang ke arah Timur dan Selatan akan tampak hamparan persawahan yang menghijau dengan tanaman padinya. Sedang jika kita menghadap ke arah Utara tampak dua Tower Seluler yang berdiri dengan megahnya dan jika kita menghadap kearah Barat, maka akan tampak aliran sungai serta pegunungan seribu yang membujur dengan indahnya.
Tak ketinggalan pula pada hari-hari tertentu banyak berdatangan para pelajar dari berbagai tempat seperti Nglipar, Wonosari dan tempat lainnya. Bahkan banyak pelajar dari luar daerah Gunungkidul yang datang ke lokasi ini seperti dari daerah Gantiwarno, Wedi dan Klaten untuk melihat pemandangan alam dan sekedar berfoto bersama dengan teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar